-->

Cara Budidaya Ayam Pedaging / Ayam Broiler dengan Baik dan Benar

Cara Budidaya Ayam Broiler / Ayam Pedaging

 

 

1. Pendahuluan

Ayam broiler / ayam pedaging adalah ayam ras yang dapat tumbuh cepat sehingga bisa menghasilkan daging dalam jangka waktu yang sangat singkat ( 4 - 5 minggu ). Ayam broiler ini mempunyai peranan yang sangat penting sebagai pemenuhan sumber protein asal ternak.

 

 2. Pemilihan Bibit

Bibit ayam yang baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : sehat dan aktif  bergerak, badan gemuk ( bentuk tubuh yang bulat ), bulu yang bersih dan kelihatan putih mengkilat, hidung bersih, mata terlihat tajam dan bersih serta bagian lubang kotoran ( anus ) bersih.

 

3. Kondisi Teknis yang Ideal

a. Lokasi kandang

Kandang yang ideal yaitu terletak di daerah yang agak jauh dari pemukiman penduduk, mudah dijangkau alat trasportasi, terdapat sumber air yang bersih, arah kandangnya membujur dari sebelah timur ke laut.

b. Pergantian udara dalam kandang

Ayam yang bernafas pasti membutuhkan oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Agar kebutuhan oksigen ayam tersebut selalu terpenuhi, ventilasi kandang harus baik dan selalu ada udara segar yang masuk.

c. Suhu udara dalam kandang

Suhu ideal dalam kandang sesuai dengan umur adalah :

   Umur (Hari)      Suhu (0º C)  
01-07
08-14
15-21
22-28
29-35
34-32
29-27
26-25
24-23
22-21

Untuk kemudahan dalam mendapatkan sarana produksi, lokasi kandang sebaiknya dekat dengan toko sarana peternakan (poultry shop).



Untuk Info Pemesanan Ayam Ciamis bisa menghubungi Nomor WA :
Muhammad Arief Hidayatulloh, S.E
085156568689


.

0 Response to "Cara Budidaya Ayam Pedaging / Ayam Broiler dengan Baik dan Benar"

Post a Comment