-->

Teknik Budidaya Ayam Potong | Teknis Pemeliharaan Ayam Pedaging / Ayam Broiler

Teknik Pemeliharaan Ayam Pedaging / Ayam Ras Broiler

 

 

1. Minggu Pertama (Hari ke 1 - 7)

Anak ayam ( DOC ) dipindahkan ke kandang atau pemanas, segera anak ayam ini diberi air minum hangat yang dicampur air gula merah atau bisa juga ditambah dengan vitamin Nutri - ZOO dengan dosis 1cc / liter air minum / hari untuk mengganti energi yang telah hilang selama perjalanan trasportasi menuju kandang atau tempat pemeliharaan ayam. Pakan ayam dapat diberikan dengan dosis kebutuhan per ekor 13 gr atau 1,3 kg untuk ayam 100 ekor. Jumlah takaran pakan tersebut adalah kebutuhan yang minimal, pada prakteknya pemberian pakan tidak dibatasi bahkan harus di full agar anak ayam dapat tumbuh dengan cepat. Pakan yang telah diberikan pada awal mula pemeliharaan berbentuk seperti butiran-butiran kecil (crumbles).

Mulai hari ke 2 dalam pemeliharaan hingga ayam dipanen cukup diberi air minum yang sudah berupa air dengan suhu sedang atau dingin dengan penambahan vitamin Nutri - ZOO`dengan dosis takaran 1 cc / liter air minum / hari (diberikan pada saat pemberian air minum yang pertama kali) Vaksinasi ayam yang pertama kali dilaksanakan yaitu pada hari ke 4.

 

2. Minggu Kedua (Hari ke 8 - 14)

Pemeliharaan ayam pada minggu kedua masih memerlukan pengawasan yang baik seperti pada minggu pertama, meski agak lebih ringan. Pemanas untuk suhu dalam kandang sudah bisa dikurangi. Kebutuhan akan pakan untuk minggu kedua adalah 33 gr per ekor atau 3,3 kg untuk ayam 100 ekor.

 

 3. Minggu Ketiga (Hari ke 15 - 21)

Untuk pemanas kandang ayam sudah dapat dimatikan pada siang hari yang terik. Kebutuhan akan pakan ayam adalah 48 gr per ekor atau 4,8 kg untuk 100 ekor ayam. Pada akhir minggu ketiga ini (Umur 21 hari) dapat dilakukan vaksinasi yang kedua dengan menggunakan vaksin ND strain Lasotta.

Vaksin ini bisa dilakukan dengan melalui suntikan atau dicampurkan dengan air minum. Jika pemberian vaksin ini menggunakan air minum, sebaiknya ayam tidak diberi air minum putih atau tawar untuk beberapa saat lebih dahulu, agar ayam ini benar-benar merasa haus sehingga ayam akan meminum air yang mengandung vaksin sebanyak-banyaknya. Perlakuan vaksin ini juga ditambah vitamin Nutri - ZOO dengan dosis tetap.

 

 4. Minggu Keempat (Hari ke 22 - 28)

Pemanas kandang ayam sudah tidak diperlukan lagi pada saat siang hari karena bulu ayam tersebut sudah lebat. Pada umur 28 hari, akan dilakukan sampling berat badan ayam untuk mengontrol tingkat pertumbuhan ayam tersebut. Pertumbuhan ayam yang normal pada umur 28 hari mempunyai berat badan minimal 1,5 kg - 1,6 kg. Kebutuhan akan pakan ayam adalah 65 gr per ekor atau 6,5 kg untuk ayam 100 ekor. Kontrol Pengawasan terhadap ayam juga harus lebih ditingkatkan karena pada umur 28 hari ini ayam mulai rentan terhadap serangan penyakit. Ada juga pada umur 28 hari ini ayam sudah siap dipanen dan dipasarkan dengan bobot badan 1,6 kg.

 

 5. Minggu Kelima (Hari ke 29 - 35)

Pada minggu kelima ini, yang perlu untuk diperhatikan adalah tatalaksana bagian lantai kandang. Karena jumlah kotoran ayam yang dikeluarkan sudah sangat tinggi, perlu untuk dilakukan pengadukan dan penambahan jumlah alas lantai untuk menjaga alas lantai tetap kering. Kebutuhan akan pakan ayam adalah 88 gr per ekor atau 8,8 kg untuk ayam 100 ekor. Pada umur 35 hari ini juga perlu dilakukan sampling penimbangan berat badan ayam. Bobot badan ayam dengan pertumbuhan yang cukup baik dapat mencapai antara 1,8 - 2 kg. Dengan bobot badan ayam tersebut, ayam sudah pasti dapat dipanen.

 

 6. Minggu Keenam (Hari ke 36 - 42)

Jika ingin pemeliharaan ayam diperpanjang untuk mendapatkan bobot badan yang lebih tinggi lagi, maka kontrol terhadap ayam tersebut dan lantai kandangnya tetap harus dilakukan. Pada umur 42 hari ini dengan pertumbuhan ayam yang baik, bobot badan sudah mencapai antara 2,25 - 2,5 kg.


Begitulah teknik budidaya ayam ras broiler yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.



Untuk Info Pemesanan Ayam Ciamis bisa menghubungi Nomor WA :
Muhammad Arief Hidayatulloh, S.E
085156568689

0 Response to "Teknik Budidaya Ayam Potong | Teknis Pemeliharaan Ayam Pedaging / Ayam Broiler"

Post a Comment