-->

Resep Ayam Penyet Khas Ciamis

Cara Memasak Ayam Penyet Sederhana dan Praktis

Ayam penyet sambal lalap nikmat merupakan makanan yang sangat mudah dibuat karena ayam penyet ini pada dasarnya adalah ayam goreng yang dipenyet bersama dengan sambal lalap yang enak. Sehingga anda gak perlu repot-repot lagi untuk mencocol ayam dengan sambal lalap. Ayam penyet ini banyak ditemui di rumah makan kecil maupun restaurant. Rasanya yang gurih, nikmat dan sensasi pedas gila dari sambalnya membuat banyak orang yang tertarik untuk mencicipi makanan ini sebagai salah satu menu makanan mereka. Di beberapa rumah makan sekarang, ada yang menyajikan ayam penyet dengan berbagai tingkat kepedasan sambalnya yang gila dari yang sedang hingga tingkat yang sangat sangat pedas sekali. Bagi para pemburu kuliner makanan ini menjadi salah satu menu incaran mereka untuk dibuat sendiri di rumah dengan berbagai macam kreasi yang bisa dimasak dengan sangat mudah. Untuk para pemula yang ingin memasak ayam penyet ini, berikut resep cara membuat ayam penyet yang sangat mudah dan rasannya gurih serta nikmat.


Bahan-bahan
- ½  ekor ayam kampung atau ayam negeri
- 3 siung bawang putih
- ½  sdm ketumbar yang sudah dihaluskan
- 2 lembar daun salam
- 1 cm kunyit, parut halus
- 1 sdt garam
- air secukupnya

Bahan Sambal
- 6 buah cabe rawit merah
- 6 buah cabe merah besar 
- 3 buah cabe merah keriting
- 2 sdm terasi
- 1 ½ sdt garam
- 1 sdt gula
- 1 sdt minyak goreng

Cara Membuat

1. Untuk merebus ayam. Masukan daun salam, sirih, jahe, ayam, bawang putih, ketumbar, garam, kunyit, dan air secukupnya ke dalam panci. Rebus hingga mendidih hingga ayam lunak.
2. Setelah lunak dan matang, angkat ayam lalu tiriskan.
3. Siapkan wajan, tuang minyak goreng dan tunggu hingga minyak panas. Usahakan minyaknya banyak karena akan memberikan rasa renyah untuk tekstur ayam. Goreng ayam hingga berwarna coklat keemasan lalu angkat.
4. Untuk sambalnya, ulek semua bahan hingga setengah halus. Tambahkan minyak sedikit lalu aduk dengan spatula untuk meratakan sambal.
5. Ambil ayam goreng yang sudah matang lalu taruh diatas tempat ulekan dan tekan-tekan atau penyet ayam menggunakan ulekan. 
6. Ayam penyet siap disajikan.

Selamat Mencoba....!!!!!
Anda Pasti Bisa, karena cara memasak ayam penyet ini sangat mudah dan sederhana...


Untuk Info Pemesanan Ayam Ciamis bisa menghubungi Nomor WA :
Muhammad Arief Hidayatulloh, S.E
085156568689

0 Response to "Resep Ayam Penyet Khas Ciamis"

Post a Comment